BERITA PILKADA SUMENEP 2015

Selasa, 28 Agustus 2012

Alokasi Dana Bantuan Keagamaan di Sumenep Meningkat

Sumenep - Alokasi dana bantuan keagamaan di Kabupaten Sumenep pada tahun ini sebesar Rp5,2 miliar, meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, Rabu, menjelaskan, setelah melalui pembahasan bersama dengan anggota DPRD setempat, alokasi dana bantuan keagamaan pada tahun ditetapkan sebesar Rp5,2 miliar.


"Ada peningkatan signifikan dibanding alokasi dana bantuan keagamaan pada 2011 yang ditetapkan sebesar Rp2,8 miliar," katanya di Sumenep.

Bantuan keagamaan yang dialokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep 2012 itu terdiri atas bantuan bagi 1.130 guru ngaji, 66 pondok pesantren, 342 masjid, 852 musholla, 152 organisasi keagamaan, 2 gereja, dan 1 klenteng.

"Besaran dana bantuan keagamaan bagi masing-masing penerima atau lembaga itu tidak sama, contohnya masjid sebesar Rp4 juta, sementara musholla Rp2,5 juta," ucapnya.

Chainur mengatakan, penyaluran dana bantuan keagamaan tersebut kemungkinan besar akan direalisasikan pada Maret 2012.

"Data tentang semua calon penerima bantuan keagamaan itu sudah ada. Kalau memungkinan dan tidak ada kendala, kami berencana mencairkan dana tersebut kepada para calon penerima pada Maret," paparnya.

Ia juga mengemukakan, penyaluran dana bantuan keagamaan pada tahun ini dipastikan lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, karena calon penerima sudah didata lebih awal.

"Kalau sebelumnya, pemohon memasukkan proposal permohonan bantuan pada tahun berjalan. Sementara untuk tahun ini dan selanjutnya, penetapan calon penerima dana bantuan keagamaan dilakukan bersamaan dengan proses pembahasan APBD," kata Chainur. (ANT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info 14 Terkini