BERITA PILKADA SUMENEP 2015

Senin, 13 Agustus 2012

BUPATI SERAHKAN ZAKAT FITRAH UNTUK KAUM DUAFA

Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqoh (BAZIS) Kabupaten Sumenep menyalurkan zakat fitrah kepada kaum miskin dan kaum duafa, pemberian zakat fitra diberikan secara simbolis oleh Bupati Sumenep, Wakil Bupati Sumenep dan Sekda Kabupaten Sumenep pada Rabu (15/08), di Gedung Korpri Sumenep.

Bupati Sumenep, Drs. KH. A. Busyro Karim, M.Si ketika memberikan sambutan pada pembukaan penyaluran zakat fitra mengungkapkan kegiatan pemberian zakat fitra merupakan sebuah kewajiban ummat Islam sebgai bentuk ibadah di bulan suci Ramadhan ini.



“Kami berharap kegiatan seperti itu terus ditingkatkan baik zakat fitra maupun zakat mal sebagai sebuah kewajiban sekaligus membantu masyarakat miskin dan kaum duafa,”ujarnya.

Bahkan, tegas Bupati disamping pengumpulan zakat fitra untuk diberikan kepada yang berhak menerima, diharapkan pulanantinya bisa terus dikembangkan, misalnya dengan pengumpulan zakat mal, yakni sebanyak 2,5 persen ari harta yang dimiliki seseorang, berupa ternak, barang emas dan sebagainya.

Disamping itu Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Kecamatan yang juga banyak mengumpulkan zakat fitra dan menyalurkannya utamanya untuk Kecamatan Kota yang merupakan pengumpul terbanyak zakat fitra tahun 2012 ini, sehingga bisa memberikan contoh pada Kecamatan lainnya di Sumenep.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Drs. H. Koesman Hadie, M.Si di tempat yang sama mengungkapkan, untuk pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan kepada para PNS yang ada di Kabupaten Sumenep, BUMD maupun BUMN yang ada di Kabupaten Sumenep, sebanyak Rp. 79.530.000,00 dan 10 ton 75 kilogram beras.

Sedangkan penyalurannya disamping diberikan langsung melalui kupon juga disalurkan melalui lembaga keagamaan dan lembaga sosial. Yakni sebanyak 115 lembaga sedangkan untuk kupon diberikan sebanyak 1.482 paket.

“Disamping itu yang dikumpulkan di masing-masing Kecamatan sebesar Rp. 64.680.000,00, 3 ton 43 kilogram beras, dan Kecamatan Kota terbanyak mencapai Rp. 11.450.000,00,”tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info 14 Terkini