BERITA PILKADA SUMENEP 2015

Sabtu, 30 April 2011

Bimtek Dewan ke Manado Disoal LSM

Rabu, 27 April 2011 15:31:59 WIB
Reporter : Temmy P.

Sumenep (beritajatim.com) - Bimbingan teknis yang dilakukan 18 anggota Badan Musyawarah (Banmus) dan 4 pimpinan DPRD Sumenep ke Manado, disoal.

Bimtek yang menghabiskan anggaran lebih dari Rp 200 juta itu dinilai hanya menghambur-hamburkan uang rakyat. Dalam kegiatan yang digelar tiga hari mulai Jumat (22/04/11) hingga Minggu (24/04/11) lalu itu, per anggota yang berangkat menerima uang perjalanan dinas (Perdin) Rp 5,9 juta, biaya Bintek Rp 5 juta dan tiket pesawat PP sebesar Rp 2 juta.



"Bimtek yang dilakukan puluhan anggota Dewan itu saya nilai hanya akal-akalan untuk menguras uang rakyat," kata Ketua LSM Pelangi Madura, Abd Salam, Rabu (27/04/11).
Ia menganggap kegiatan tersebut tidak bermanfaat bagi masyarakat secara langsung. Bahkan ia menuding kegiatan tersebut sekadar alasan yang dikemas untuk legalitas pencairan dana APBD.

"Mereka itu bimtek kok hari libur. Hari Jumat (22/04/11) itu kan tanggal merah, libur nasional. Sabtu dan Minggu juga bukan hari efektif kerja. Ini kan perlu dipertanyakan? Jangan-jangan mereka dalihnya bimtek ke Manado, tapi ternyata lebih banyak menghabiskan waktu untuk berlibur di Pantai Bunaken, wisata diving," tudingnya sinis.

Ia menduga kegiatan Bamus tersebut tidak masuk dalam daftar penguna anggaran. "Saya menduga keberangkatan itu hanya berdasarkan rekomendasi ketua dewan. Jangan lupa, dalam rombongan itu juga ikut empat orang pimpinan DPRD," sambungnya.

Sementara Humas DPRD Sumenep, Ahmad Muslimin membantah jika perjalanan dinas anggota Bamus berupa Bimtek itu sekadar akal-akalan.

"Ini sudah ada jadwalnya, dan ada di daftar pengguna anggaran. Bukan mengada-ada," tegasnya.

Sedangkan kunjungan di luar hari kerja efektif, Muslim mengaku memang sengaja dilakukan agar tidak menganggu jam kerja. "Jadi kami ini sudah bersepakat untuk menggelar bimtek di akhir pekan. Kenapa? Agar tidak menganggu kerja di hari efektif," tandasnya.

Muslim mempersilakan pihak-pihak yang mengkritisi persoalan tersebut. "Yang penting kami sudah sesuai aturan," pungkasnya singkat. [tem/but]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info 14 Terkini