BERITA PILKADA SUMENEP 2015

Senin, 03 September 2012

PROGRAMKAN OLAH JERAMI PADI JADI PAKAN TERNAK BERKUALITAS

Ilustrasi Warga Kumpulkan Jerami (google)
Untuk mengantisipasi kesulitan petani dalam mencari pakan ternak sapi, Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep memprogramkan pengolahan jerami padi menjadi pakan ternak berkualitas bagi sapi.

Program itu akan ditularkan melalui pelatihan bagi kelompok peternak sapi Sumenep.

Kepala Dinas Peternakan Sumenep, Ir. Arief Rusdi menjelaskan, selama ini jerami padi sudah dimanfaatkan oleh para petani sebagai pakan ternak sapi, disaat musim kemarau.



“Tapi, program kami ingin menjadikan jerami itu sebagai pakan ternak yang lebih berkualitas atau sehat. Makanya, tahun ini kami memprogramkan pelatihan bagi kelompok peternak supaya bisa mengolah jerami menjadi bahan pakan ternak yang lebih berkualitas bagi sapinya,”katanya.

Rusdi mengungkapkan, pihaknya sengaja memprogramkan pelatihan pembuatan pakan ternak berbahan dasar jerami, karena jerami merupakan bahan pakan ternak di luar rumput yang melimpah di Sumenep.

"Kami ingin memanfaatkan potensi tersebut untuk diolah menjadi pakan ternak yang lebih berkualitas. Program tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat,”terangnya.

Untuk merealisasikan program tersebut, kata Rusdi, pihaknya akan bekerja sama dengan Loka Penelitian Sapi Potong di Pasuruan.

“Ini merupakan program perdana bagi kami. Pada tahun ini, hanya satu kelompok peternak, yakni di Kecamatan Dasuk, yang akan kami latih untuk mengolah jerami sebagai pakan ternak yang lebih berkualitas,”ungkapnya. ( Nita, Esha )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info 14 Terkini